cara setting RUCKUS AP via command line (CLI )

Sebelum saya menghadapi kendala, perangkat Ruckus saya tidak dapat diakses melalui antarmuka web karena muncul masalah SSL "ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH". Saya belum menemukan solusi untuk mengatasi masalah ini agar saya dapat mengaksesnya melalui antarmuka web kembali. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk mencoba melakukan pengaturan melalui Command Line Interface (CLI) sebagai alternatif solusi.

Sebelumnya, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pastikan Anda telah menginstal Putty untuk mengakses perangkat melalui SSH remote, dan pastikan perangkat Ruckus telah di-reset ke pengaturan pabrik. Sebagai contoh, saya akan mengambil perangkat Ruckus 7372 dengan alamat IP default 192.168.0.1. Sekarang, mari kita mulai langkah-langkahnya.


Buka putty masukan ip addres 192.168.0.1 pilih SSH dan lalu tekan open
masukan user dan password
user : super
password : sp-admin

Kita perlu mengubah alamat IP terlebih dahulu ke arah WAN untuk pengaturan yang lebih baik. Di sini, kita memiliki beberapa opsi, seperti menggunakan alamat IP statis, alamat IP dinamis, atau koneksi PPPoE. Dalam konteks ini, saya memilih untuk menggunakan PPPoE karena nantinya saya akan mengaktifkan layanan hotspot, dan ini akan memudahkan pendeteksian status Ruckus, baik ketika perangkat dalam keadaan online atau offline. Berikut adalah perintah untuk mengubah alamat IP WAN:

Beberapa perintah untuk melihat wlan atau interface atau bisa di lihat petunjuknya dengan menekan TAB di keyboard

get interface (di gunakan interface lan dan werles)
get wlanlist (untuk melihat werrles)

tampilan dari wlan0-wlan15 itu dari 2.4 dan 5Ghz
sekarang kita merubah SSID kita contohkan merubah wlan0 dengan nama"DENET" dengan perintah

set ssid wlan0 DENET


ssid sudah di ganti tp status masih down untuk supaya aktif maka dengan perintah
set state <wlan name> {up|down}
set state wlan0 up




untuk merubah channel




set channel wlan1 1

untuk memberi key pada wifi bisa mengunakan perintah 
 set encryption wlan1 (tekan enter)



silahkan pilih mode encryption 


Dan bisa kita set nama wlan0 sampai 8 untuk 2.4 Ghz klw yg 5 Ghz wlan9 sampai wlan16

sekarang kita set ip address untuk WAN 





jadi kita bisa pilih salah satu ada static, dinamic dan pppoe untuk sekarang saya coba pppoe 

set ipaddr pppoe  wan user <user> <password>
set pppoe wan user ruckus ruckus123



untuk penyetingan wan udah selesai tingal kita colokan ke mikrotik kita dan buatakan user PPPoE 
dan sudah saya sambungkan ke jalur hotspot yang ada service PPPoE maka di log udah ada permintaan coneksi PPPoe 

sekarang kita buatkan secrets di PPP






Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar